Cilacap, to be Singapore of Java ?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menjadikan kota di wilayah Selatan Jawa Tengah itu sebagai kota industri yang ramah pada investor. Jokowi ingin segera wujudkan konsep pembangunan Cilacap to be Singapore of Java.

Sedikit geli sebenarnya membaca berita yang saya dapat dari beritasatu[dot]com ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan pada Bupati Cilacap Bpk. Tatto Suwarto Pamuji untuk menjadikan Cilacap sebagai kota industri seperti Singapore.

Lepas dari suka atau tidak suka, pendukung atau bukan pendukung Jokowi pada saat pilpres kemarin, saya melihat bahwa ini sangat lucu. Atau mungkin saya yang belum bisa melihat maksud dari dua pemimpin pemerintah diatas ?, Singapore ya Singapore, Cilacap ya Cilacap. Mana bisa Cilacap dijadikan Singapore-nya Jawa ?.

Haduh.. Beribet beneran ini.

Asumsikan maksud mereka adalah menjadikan Cilacap semaju Singapore di segala lini, dan jadilah Cilacap sebagai Singapore-nya Jawa.

Banyak yang begitu saja muncul di kepala saya, pertanyaan-pertanyaan yang seharusnya ada sebelum mencetuskan sesuatu apa lagi oleh manusia sekelas pejabat pemerintahan.

1. Sebenarnya, besar mana antara Cilacap dan Singapore ?

Di Cilacap ada 2 budaya besar Nusantara, tanpa bermaksud primodialisme ada Bangsa Sunda (di wilayah barat Cilacap) dan ada Bangsa Jawa (di wilayah timur Cilacap) serta jangan lupa, Cilacap juga memiliki pulau Nusakambangan.

Coba kita bedah kandungan muatan kekayaan yang ada di 2 bangsa (Jawa dan Sunda) tersebut, baik bahasanya, tari-tariannya, gendhingnya, busana, dan segala nilai kearifan yang ada didalamnya. Apakah Singapore punya ?

Lihat ke bahasa misalnya, dalam bahasa Jawa untuk jatuh saja bisa macam-macam katanya, dimana masing-masing kata langsung spesifik memberikan keterangan. Contoh : Kepleset untuk menyebut jatuh karena tergelincir zat licin, Njungkel untuk menyebut jatuh kedepan, Kepaduk untuk menyebut jatuh karena tersandung, Njengkang untuk menyebut jatuh terlentang, dll. Apa punya singapore kekayaan bahasa yang seperti itu ? Padahal saya baru menyebut kata dari hirarki bahasa yang paling kasar, yaitu ngoko. Belum Krama, dan itu baru dari Bangsa Jawa, belum dari Bangsa Sunda.

Atau kekayaan yang berupa kreativitas ? Satu ubi kayu (tela), bisa tercipta jenis olahan makanan seperti gethuk, gathot, ciwel, tape, peyeum, combro, dll. yang masing-masing berbeda rasanya.

Artinya Bangsa kita memiliki kreativitas yang luar biasa, dimana sebenarnya selama ini sudah teraplikasi kedalam kehidupan hanya saja belum / tidak di akui negara Indonesia.

Apakah Singapore bisa seperti itu ? Teliti lagi bahasa Singapore ! Hebat mana sama Bahasa Cilacap ?, Melihat contoh dari Ubi Kayu, apa Singapore punya kreativitas seperti Cilacap ?, Lha kalau di negaranya sana tidak tumbuh ubi kayu, ndak usah cerita tentang kreativitas. Karena masih banyak lagi jenis kreativitas yang kita punya.

2. Kekayaan ?

Di Cilacap ada Pertamina RU IV. Ups ! Ini nih, yang katanya banyak mafianya.. Dan rata-rata mafianya bertransaksi di Singapore. Katanya looo… Entah berapa bilangan uang yang seharusnya bisa masuk ke Cilacap, dimana di Pertamina ini mereka mengolah minyak mentah menjadi beberapa jenis bahan bakar yang ampasnya menjadi aspal. Nah.. Aspalnya saja itu dibeli oleh nyaris sebagian besar kabupaten di Indonesia.

Di Cilacap ada Pasir Besi. Sempat ramai juga kemarin, pasca di tambang oleh PT. ANTAM, Tbk. Beberapa bos besar di Cilacap juga bermain dengan tambang pasir besi. Entah berapa rupiah yang dihasilkan dari jenis tambang ini. Yang jelas secara mencolok bos-bos pasir besi punya rumah gede-gede, mobil-mobil mewah, aset, bahkan ada yang sampai punya istri lebih dari satu :p

Potensi di sektor Pariwisata ? Oooo.. Jelas !, Epik kecantikan pulau Nusakambangan, jajaran pantai dari Pantai Teluk penyu sampai Pantai Jetis..

Wisata Spiritual ? Cilacap punya Gunung Srandil dan Gunung Selok, dimana situs ini mampu mengundang ribuan bahkan jutaan wisatawan setiap tahunnya. Bahkan presiden Soekarno, Soeharto dan Gus Dur pernah mengunjungi situs ini.

Tentu saja masih banyak sekali epik yang ada di Kabupaten terluas di Jawa Tengah ini, belum lagi kandungan potensi yang ada di wilayah barat seperti di Kecamatan Dayeuhluhur, Majenang, Cimanggu dan lain sebagainya. Bahkan ada satu wilayah yang benar-benar unik !, yaitu Kecamatan Kampung Laut.

Masing-masing wilayah memiliki potensi yang sebenarnya jika (yang ngakunya) pemerintah itu mau berkomitmen dan ada itikad untuk menyejahterakan masyarakatnya.

Mungkin saya yang kurang literasi tentang Singapore, sekilas memang negara tersebut sudah maju, dimana yang saya tahu memang disana pemerintahnya punya komitmen untuk memajukan wilayahnya. Berani tegas pada pelaku KORUPSI.

Secara wilayah dan kandungan SDA sepertinya Singapore bukan apa-apanya Cilacap. Entahlah, correct me if i’m wrong.

Menurut saya tidak perlu lah istilah Cilacap to be Singapore of Java, elu-elu aje komit berani tegas lawan KORUPSI, pelajari dan perbaiki saja apa yang sudah built in ada di lingkungan Cilacap, itu sudah pasti membuat Cilacap lebih jibar-jibur dari Singapore.

Jika dibandingkan kemudian istilah Cilacap to be Singapore of Java hanya menjadi retorika semata. Atau mungkin parahnya hanya sekedar untuk kepentingan politik praktis semata.

Maju seperti Singapore tidak ada masalah buat saya, tapi apa lacur memang kita lahir di wilayah Nusantara, yang secara genetis memang begini adanya. Kulitnya sawo matang, badannya ya gak gede-gede amat.. Dan sebenarnya mengandung Budaya Adi Luhur.

38 comments

  1. makanya jadi orang jangan picik jadi orang , diindo trs sich, maksudnya pak jokowi itu biar Maju bersih rapi seperti negara maju, cilacap munchkin lebih Luas lebih byk sdm nya , Swiss negara kecil tp negara maju, jadi bukan masalh gede daerah apa orang nya! Ya dimaksud pemikiran mnuju kmajuan ! Mau tahu kalo indo masi jalan ditempt, pergi Keluar negeri and FIND Our by your OWN eyes how far we’ve been leftbehind in everything ! …..stupid

    Like

    • Yg picik stupid lhoooooo. . . Lhat kondisi alam di cilacaap, benar lbh baik kmbngkan apa yg skrg trdapat dan kuantitas melimpah di cilacap. Jgan cma sodorkan nma sbgai byangan negara lain. Takutnya hanya untuk kepentingan para pejabat pelaku korupsi !!!!

      Like

    • Jangan pernah mengatakan org lain “bodoh” kalau diri sendiri tdk lbh pintar. Anda itu blm jd bagian dr Singapore bukan??!! Karena mereka (Singapore) TUMBUH dr yg kecil bkn apa2 dan berjuang mjd besar sperti skrg. Sdgkn anda hanya menikmati kemajuan dr Singapore SEKARANG. kecuali anda pejuang asal Singapore.

      Tidak adil bagi generasi muda Cilacap bila langsung dihantam oleh kemajuan yg INSTAN. Belajar dari negara lain jelas HARUS. Tapi menjadikan suatu daerah menjadi seperti daerah lain itu mustahil. Masing2 punya lebih dan kurangnya. Indonesia penuh dengan budaya dan tatakrama. Bukan hal mudah merubah hal yg penuh dg perbedaan menjadi satu kemajuan KALO PEMERINTAHNYA MASIH KORUPSIIIII !!!!! Ingat, PM Singapore “LEE” pun harus tegas dan kerja keras utk memajukan negaranya dengan membasmi KORUPTOR. Itu langkah awal utk kemajuan.

      Benar adanya, kalau saja pemerintah daerah Cilacap sungguh2 dlm pembangunan kotanya, YAKIN SAJA Cilacap sudah lebih maju dr Singapore dari dulu.

      Jadi, jgn menghakimi org lain atau kelompok lain, kalo anda tidak bisa memahami kami. Oke. Semoga anda selamat di negara maju itu. Thank You.

      Like

      • Saya sepakat dengan anda.

        Dan suka sekali dengan kalimat dari anda : “Tidak adil bagi generasi muda Cilacap bila langsung dihantam oleh kemajuan yg INSTAN. Belajar dari negara lain jelas HARUS. Tapi menjadikan suatu daerah menjadi seperti daerah lain itu mustahil. Masing2 punya lebih dan kurangnya. Indonesia penuh dengan budaya dan tatakrama. Bukan hal mudah merubah hal yg penuh dg perbedaan menjadi satu kemajuan KALO PEMERINTAHNYA MASIH KORUPSIIIII !!!!! Ingat, PM Singapore “LEE” pun harus tegas dan kerja keras utk memajukan negaranya dengan membasmi KORUPTOR. Itu langkah awal utk kemajuan.”

        Like

  2. Iya stupid. Yg bikin artikel mikirnya tetlalu ribet. Cilacap memang bukan negara kepulauan seperti singapur tapi sebagian besar wilayah cilacap dikitari laut/perairan, hampir mirip kan. Wisata lautnya bisa lebih dikembangksn.Saya yang awam sering membayangkan cilacap semaju singapur
    .

    Like

    • 🙂 Maaf kalau menurut anda saya terlalu ribet.

      Saya ndak bilang cilacap itu negara kok, apalagi negara kepulauan.

      Sama seperti anda, saya pun ingin Cilacap maju, yang tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Maju yang berkarakter ketimuran, bukan asal maju yang bahkan maju terlalu moderat. Maju dan tetap ber kepribadian.

      Like

  3. ya stupidnya kaga usah keluar juga kali mas henky… itu kan cuma salah satu pandangan orang tentang topik cilacap to be singapore… terserah dia lah mau posting apa yang penting kan engga merugikan pihak lain…

    Like

  4. Dasar udik..ada pendapat berpikirin untuk maju masih pesimis dan di komplain..yg begini ini nih..yang harus banyak2 membuka mata dan hati…

    Like

  5. Sebagai Warga Cilacap.. Enyong ya melu seneng nek daeraeh dewek maju,pembangunan Dicilacap barat juga diperhatikan.. Cilacap Bebas korupsi pejabate dijamin daerah Majune ngungkuli Singapore… Dijamin kue kang asap aja pada korupsi

    Like

  6. Take it easy bro2 semua..

    Anyway terimakasih sudah respon artikel ini, bebas berpendapat kok !, dan di artikel ini saya sama sekali tidak mencoba membuka pintu perdebatan kok.

    Anda semua adalah saudara dan bagian dari saya juga. Pandangan dari anda juga baik-baik, buat saya yang penting adalah proses elaborasi dari kita semua, bukan simpulan mana bener mana salah… Itu nanti lah, yang penting terbangun mau peduli dengan wacana-wacana tentang Bangsa… Itu aja sudah bagus. 🙂

    Thanx,

    Like

  7. Bullshit respond Dan comment di site ini tdk transparant , cuma dipilih pilih adminstratornya, semua opini jawaban saya tdk di posting n that’s the clue that this site is flaws Dan tdk bermutu!

    Like

  8. Lah pada kakehan lambe…ngapa ngapa y isih nang indonesia khususe cilacap seng d belani negara wong bae..manah pada pindah bae nek bosen nang kne..ngisin-isini

    Like

  9. saya rasa dan saya pikir bro sist, pemikiran global kadang perlu untuk untuk meningkatkan kualitas sdm lokal. saya sendiri warga jateng, selalu ada pro kontrak tentang perubahan yang sedang dan akan terjadi. oleh karena itu diperlukan konsep diri yang mapan dan madani bagi kita semua, meski tidak semua bisa atau mampu mempunyai konsep diri yang bagus, tapi seenggaknya pembukaan atas visi visi baru dapat meningkatkan kepercayaan diri kita untuk bersikap lebih madani.

    kita hidup di negara yang mempunyai 3 tatanan hukum, yaitu adat, negara dan hukum agama. perlu adanya singularitas yang terkadang pada prosesnya bertolak belakang dengan salah satu hukum yang ada, jadi wajar adanya pro dan kontra. saya hanya mencoba berbagi dari pengalaman saya, ketika ada perubahan, apalagi mengenai tatanan dan sistem itu akan diiringi juga dengan adanya dinamisme pikiran dan perasaan entah itu positif maupun negatif yang bersifat temporer.

    nah, dengan demikian langkah-langkah yang jelas dengan pemaparan tujuan yang jelas dimaksudkan agar meredam pergolakan negatif dalam proses pencapaiannya.

    saya setuju bahwa cilacap adalah daerah yang potensial, beberapa daerah di Indonesia juga memilikinya. pengolahan ekspektasi daerah cilacap bila di dukung oleh tenaga yang teruji dan diiringi kepercayaan dan dukungan masyarakat akan menguntungkan pengolahan potensi daerah yang tepat guna dan tepat saji. tanpa adanya kepercayaan dan dukungan apapun proyek yang dijalankan akan tampak nonsense, dan kalaupun proyek tetap dijalankan tentu akan memakan korban dari berbagai atau beberapa sektor. korban-korban akan berteriak lantang, menangis, dan bila pelaksana proyek tersebut tidak punya kegigihan dan keteguhan terhadap apa yang dijalankannya maka proyek tersebut tidak akan pernah mencapai tujuannya dan bisa dikatakan rusak total. terkadang proses memang menyakitkan sampai kita tiba di tujuan dan mengambil buah manisnya jerihpayah.

    silahkan, mari tentukan sikap kita terhadap program, sistem, tatanan dan harapan yang sedang dan akan kita lalui. mari kita lebih jeli menatap tujuan dari proses yang ada, agar kita juga bisa bersikap. bukan hanya untuk kita, tapi untuk generasi setelah kita.

    maturnuwun..

    Like

  10. Walwpun hanya sebentar q pernah k singapore,, melihat suasana singapore dr jln kaki sampe naik mobil,, hanya untuk thu singapore itu kya p,,,
    Buat q klo cilacap bs semaju singapore bersih dan rapi seperti singapure,, itu akan jd sesuatu yg luar biasa bgi cilacap,, krn p,,, karna cilacap butuh kerj sama dan kerja keras untuk mewujudkan semuanya itu,,,
    Good luck for cilacap,,, you are is the best for my heart,,,

    Like

  11. hahaha…inilah orang indonesia..mau smpai kpn juga ,orang2nya cuma bnyk mulut doang.dikasih ide salah..ga di kasih slah.

    Like

  12. Penulise bener.tapi lewih apik angger ndeleng gisit presiden jokowi agi ngomong masalah apa karo bupati tato pamuji.agi ngomong masalah panganan apa budaya apa penataan kota apa kemajuan apa kedisiplinan masyarakat.apa masalah SDA.apa masalah liane.dadi ulih miji genah.ora kur asal sengit apa seneng.

    Like

  13. Kok pada gak ngedukung cilacap maju dan berkembang,, sepertinya pada takut dg persaingan,,, kaum pribumi gak akan tersingkir kok,, tradisi tak akan terganti kalau tradisi pribumi tetap kokoh dan semakin menjujung ke atas asal pribadi dan wawasan berkualitas dan alias penduduk tidak bermalas-malas ria

    Like

  14. Gw stuju ma jokowi…
    Semoga cilacap menjadi kota yang maju
    Bisa menjadi pusat perekonomian dunia.
    Singapur pulau kecil aja bisa masa cilacap ga bisa..
    CILACAP BERCAHAYA terus maju

    Like

  15. Aku ya demen banget walopun nyong warga cilacap palibg wetan asal cilacape maju mbok2an akeh bukak lapangan kerja dadi aku usah mranto2 adoh2 meng pulau liane.. 5 taun je ora tau erek umah kerjane.. moga2 temenan gwe lah bisa nggawe cilacap majjjjjjjuuu…

    Like

  16. Sebagai warga cilacap saya ikut bangga…
    Selalu berfikir pisitif aja…ga perlu seperti singapore,sudah cukup punya kota yg kondusif,aman,dn anti korupsi…target itu dulu…tapi kalo bisa menandingi kesuksesan negara singapore why not?!

    Like

  17. Coba dilihat dari sisi positif Singapura pak. Kalau dibandingkan seperti Cilacap punya ini Singapura tidak punya, anda benar. Tetapi jika bicara soal majunya sebuah daerah, anda jauh dari pemikiran terbuka soal pengasahan perkembangan daerah. Saya banyak menjumpai orang2 yang berkata “benahi dulu negara kita yang korup ini itu dsb”. Semuanya selalu disambungkan dengan korupsi. Tetapi bukankah korupsi itu timbul dari SDM yang tidak berkualitas? Di situ lah saya rasa apa yang ingin Pemimpin kita sampaikan mengenai misinya untuk memajukan Cilacap. Jika Cilacap sedemikian sempurna seperti yang ada deskripsikan di atas, bukankah harusnya Cilacap saat ini sudah dapat menjadi kota maju dan dikenal dengan budaya dan SDA yang kaya dan penuh dengan pelancong/turis? Jangan takut pak, menjadi daerah maju bukan berarti melupakan bahasa, budaya dan SDA.

    Like

    • Terimakasih responnya.

      Saya juga sudah berusaha melihat dari sisi positif, minimal 5 tahun belakang.. Atau bahkan mulai dari era pasca reformasi. 1 era menumbangkan era lain, dengan membawa harapan baru, bla..bla..bla.. nyatanya? Rasakan saja..

      Begini, ibarat kita mau mandi dan bersih-bersih badan.. Bahkan air yang kita gunakan untuk bersih-bersih itu sudah terlanjur kotor.. 😦 Hukum dan Konstitusinya sudah kacrut.. Mainan penguasa dan politisi.. Penegak hukumnya juga kacrut.. Lah? Lantas.. Kalau itu ndak beres, bagaimana kebawah??

      Begini lo, bukan hanya Cilacap.. Setiap jengkal tanah, air dan yang ada diantaranya dalam bentangan Nusantara ini sungguh luar biasa dahsyat. Seharusnya Nusantara ini sudah jadi apa? dan kenapa sekarang seperti ini? SISTEM !, perhatikan segala jenis sistem yang sebenarnya dibikin untuk mengebiri masyarakat Nusantara ini.. Sistem yang sedikit namun pasti menghapuskan jati diri bangsa ini…

      Perhatikan lagi.. Perhatikan betul2.. Kita menjadi tamu di negeri sendiri sekarang.. Perhatikan saja sistem pendidikan kita.. dari SD, SMP sampai khatam, hanya untuk menciptakan buruh. Dari cara duduknya, doktrin guru – murid yang sama seperti mandor – anak buah, dll dll.. Coba lebih terbuka lagi melihat itu.. Lihat sistem-sistem yang ada di negara ini.. Itu semua yang menjadikan kita semua lemah.. Hasilnya hanya buruh, pintar dan kemudian mintari orang lain.

      Like

  18. Cilacap ya cilacap. Singapore ya singapore gk akan prnah sama. Utk sampai sperti singapore cilacap masih butuh waktu yg lama. Selama pemerintahannya masih korupsi, warganya blom sadar arti pentingnya tertib dan bersih, semua hanya mimpi. Saya yg prnah tinggal di Singapore berthun2 pun pernah membayangkan kpn negaraku seperti negara ini?

    Like

    • Siap bro.. 🙂

      Anda yang pernah hidup disana.. Bagaimana rasanya? Sebenarnya kaya siapa? Singapore atau bangsa ini.. Sebenarnya mampu mana Singapore atau bangsa ini dalam menerima keberagaman? Bagaimana pula dengan kekayaan alam dan budayanya??

      Like

  19. Mas jangan mengajak warga jadi psimis dong. Nulis artikel itu yang bisa mengajak pembaca jadi optimis. Maksudnya pak jokowi itu kan baik, beliau ingin jawa se maju dan mungkin sebersih singapure dari segi industri, dengan majunya industri penghasilan dan kualitas hidup warga juga akan maju. Nggak ada lagi jalan rusak, warga bisa cari lowongan kerja di sini nggak usah ke luar kota lagi. Kan harapanya gitu. Anak mudany juga nggak monoton gitu gitu aja. Namanya juga kota cilacap, harapanya bisa seperti kota kota yang lain.

    Like

    • Maaf kalau tulisan saya kurang berkenan di pikiran anda. Terimakasih juga untuk responnya.

      Begini, Optimis – Pesimis, atau mau yang seperti apa lagi ? Saya tekankan saya ndak benci siapapun termasuk pak Jokowi.. Saya hanya berusaha menyuguhkan wacana yang otentik. Paling tidak menurut saya. Menjadi optimis atau sebaliknya sudah diluar kuasa saya. Saya atau anda tidak bisa memaksa orang lain untuk menjadi seperti apa termasuk menjadi optimis atau pesimis. Memang adanya seperti itu…

      Justru saya sebenarnya ingin mengajak kepada kita semua bahwa BANGSA ini sebenarnya luar biasa.. Singapore bukan apa-apanya negara ini. Seharusnya Pak Jokowi tahu itu.. Dan bagaimana membesarkan jiwa pesakitan warga negaranya… Bukan malah ingin menjadikan Cilacap seperti Singapore.. Yang ada aja dulu di pahami, seperti keadaan sosial, budaya, dll dll.. Saya kira Singapore belum bisa menerima keberagaman seperti yang ada di Cilacap. Lihatlah srandil.. 1 tempat dimana semua agama dirangkul.. Justru Indonesia harus belajar banyak toleransi beragama ke srandil.

      Lihat lebih mendetail lagi siapa singapore, siapa Cilacap !

      Like

Leave a comment